PENELITIAN

MULTICULTURAL COMPETENCE AND INTERACTIONAL JUSTICE ON PERFORMANCE OF GOVERNMENT APPARATUS EVIDENCE FROM LAMPUNG PROVINCE

PROCEEDINGS OF THE 1ST BOROBUDUR INTERNATIONAL SYMPOSIUM ON HUMANITIES, ECONOMICS, AND SOCIAL SCIENCES

ISBN: 978-946252-961-8     ISSN: 2352-5398   PUBLISHED BY: ATLANTIS PRESS

Karnila Ali  Tahun 2020

The study of management control in government organizations has missed important issues to examine the role of multicultural competence in fostering working relationships and achieving better performance. This study aims at test empirically about how the influence of multicultural competence and interactional justice to apparatus performance. The study was conducted at the government apparatus in Lampung ProvinceIndonesia. The study applied a survey method and samples determination was based on a purposive sampling technique. The study collected 143 respondents. The data was analysed by a Structural Equation Model (SEM) operated under AMOS application program. This study provides a better understanding, namely the influence of multicultural competence on the performance of government apparatus tend to be indirect influence through its ability to create interactional justice. This result may be used to develop the management control theory based multicultural competence in which analysed in integrated model.

Keywords: multicultural competence, interactional justice, government apparatus

PENGUKURAN MINAT BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN SELF EFFICACY, LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Karnila Ali  Tahun 2020

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat berwirausaha pada kalangan mahasiswa di lingkungan universitas dimana mahasiswa lebih memilih untuk menjadi karyawan atau PNS setelah lulus dimana tingkat persaingan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan pengangguran bertambah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data, serta mengetahu ipengaruh self efficacy, lingkungan dan pendidikan kewirausahan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Popoluasi didalam penelitian ini adalah mahsiswa FEB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Accidental Sampling dengan menggunakan rumus proporsi binominal dan didapatkan sampel sebesar 150 orang responden mahasiswa FEB UM Metro.

Pengujian persyaratan instrument yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas liliefors, uji homogenitas, uji linieritas sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling), diperoleh self efficacy tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha, lingkungan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, self efficacy tidak berpengaruh terhadap pendidikan kewirausahaan, lingkungan berpengaruh terhadap pendidikan kewirausahan, self efficacy berpengaruh terhadap lingkungan.

Kata kunci: self efficacy, lingkungan, pendidikan kewirausahan, minat berwirausaha

 

PENGARUH INFLASI NILAI TUKAR RUPIAH DAN HARGA EMAS DUNIA TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PERTAMBANGAN PADA BURSA EFEK INDONESIA ( PERIODE TAHUN 2016-2018)

Karnila Ali  Tahun 2019

Penelitian ini di latarbelakangi oleh harga saham yang merupakan sebuah tolak ukur dari perubahan ekonomi  yang di sebabkan oleh faktor makro ekonomi.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah dan harga emas dunia terhadap indeks harga saham sektor pertambangan.

Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari sumber kedua atau sumber tidak langsung dikumpulkan dengan metode explanatory research dan teknik pengumpulan sampel berupa laporan data bulanan dari tiap variabelsebanyak 36 bulan. Pengujian persyaratan instrumen yang digunakan Uji Data Panel (Time Series & Cross Section) , Uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (R2). Sebagai pengujian persyaratan analisis, teknik analisis data, dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis Eviews 9.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh inflasi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, nilai tukar rupiah berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham dan harga emas dunia berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

Kata kunci : inflasi, nilai tukar rupiah, harga emas dunia dan indeks harga saham.

 

ANALISA E-CONOMY DI ASEAN (STUDI KOMPARATIF DI ENAM NEGARA ASEAN)

Karnila Ali  Tahun 2019

This study aims to analyze the development of e-conomy in ASEAN in terms of population use, capitalization value, e-conomy growth, consumer motivation in internet use, and fintech. This research uses descriptive qualitative by using comparative and qualitative methods, namely comparing a debate and analyzing data and matters relating to the numbers used to analyze the problem being carried out. The sample in this study was six ASEAN countries containing Thailand, Vietnam, Singapore, Indonesia, Philippines and Malaysia. E-conomy is getting faster and faster, faster and faster can make money through the internet, growth opportunities outside Metros, and Financial Technology using the era of disruption.

Keywords: E-conomy, ASEAN, Financial Technology, Growth

 

EFEKTIFITAS BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIAEFEKTIFITAS BIAYA LINGKUNGAN TERHADAP OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAME 1 DI UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

ISSN CETAK: 2721-3676

Karnila Ali  Tahun 2019

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai biaya lingkungan terhadap keuntungan perusahaan pertambangan subsektor minyak bumi dan gas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2018. Motivasi penelitian ini merujuk adanya peraturan mengenai kewajiban perusahaan untuk mengungkapkan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan termasuk biaya lingkungan perusahaan. Dengan mengungkapkan biaya lingkungan pada laporan tahunan perusahaan akan berpengaruh pada keputusan investor untuk berinvestasi dalam perusahaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan objek penelitian adalah laporan keuangan perusahaan pertambangan subsektor minyak bumi dan gas. Terdapat 6 sampel perusahaan dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi parsial regresi linier sederhana. Variabel pengungkapan menggunakan variabel dummy dan variabel kinerja keuangan menggunakan proksi net profit margin. Penggunaan variabel net profit margin dalam penelitian dikarenakan NPM merupakan salah satu rasio keuangan yang digunakan para investor dalam upaya melihat kinerja suatu perusahaan dalam menanamkan modalnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pengungkapan biaya lingkungan terhadap optimalisasi keuntungan perusahaan. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat mendorong perusahaan-perusahaan pertambangan sektor minyak bumi dan gas untuk mengungkapkan biaya lingkungan secara optimal dan terbuka sehingga dapat menarik investor untuk berinvestasi di perusahaan. Kinerja lingkungan yang baik didukung dengan kinerja ekonomi yang baik dan sebagian besar investor yang melihat bahwa kinerja lingkungan sebagai intangible assets. Masih banyak perusahaan pertambangan yang tidak mengungkapan biaya lingkungan pada annual report sehingga perlu sosialisasi dan penyampaian dampak terkait penerapan PSAK 33 Akuntansi Pertambangan dan Peraturan Pemerintah No.78 Tahun 2010 tentang biaya reklamasi pertambangan bagi perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kata Kunci: Biaya Lingkungan, Keuntungan Perusahaan, Perusahaan Pertambangan Subsektor Minyak Bumi dan Gas

 

ANALISIS TINGKAT RISIKO KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN MENGGUNAKAN MODEL ALTMAN Z-SCORE MODIFIKASI PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL NON DEVISA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIATAHUN 2016-2018

Karnila Ali  Tahun 2018

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko kebangkrutan menggunakan  model Altman Z-Score dapat pada perusahaan perbankan non devisa yang terdaftar di BEI. Adapun Jenis dalam penelitian ini adalah studi kasus pada Bank Umum Swasta Nasional Non Devisa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dan teknik Studi Kepustakaan (Library Research). Teknik analisis Altman z-score modifikasi menggunakan beberapa rasio yaitu: Working Capital to Total Assets, Retained Earnings to Total Assets, Earnings Before Interest and Taxes to Total Assets, dan Market Value of Equity to Book Value of Debt.

Kesimpulannya, hasil penelitian menggunakan model Altman Z-Score pada perusahaan perbankan umum swasta non devisa yang terdaftar di BEI 2016-2018, menyimpulkan bahwa dari 23 perusahaan yang dijadikan sampel 9 perusahaan mendapatkan penilaian buruk sedangkan 14 perusahaan lainnya dinyatakan sehat.

Kata kunci: Prediksi Kebangkrutan, Altman Z-Score Modifikasi

 

THE EFFECT OF COMPANY CHARACTERISTICS ON INCOME SMOOTHING PRACTICE MODERATED BY MANAGERIAL OWNERSHIP A STUDY ON PUBLIC LISTED COMPANIES IN THE INDONESIAN STOCK EXCHANGE DURING 2012-2016

E-PROCEEDING SEMINAR INTERNATIONAL IC2RSE

Karnila Ali  Tahun 2017

The objective of this research is to examine the effect of characteristic of the company such as financial risk, size of company, and profitability toward income smoothing practice. More specifically, the research examines the effect of managerial ownership as a variable that moderated relationship between characteristic of the company and income smoothing practice. The research used 20 companies and investigated the observed variables from information provided in respective annual reports during 2012-2016. The research used multiple linear regression and t test used to test the hypothesis with significance of 5 %. The result indicated that financial risk had significant positive effect on income smoothing practice. The size of the company had no effect on income smoothing practice. The profitability had significant positive effect on income smoothing practice. Managerial ownership is unable to moderate the relationship between characteristic of company and income smoothing practice.

Keyword: Financial Risk, Size of company, Profitability, Managerial Ownership, Income Smoothing