PENGABDIAN

SOSIALISASI PROSEDUR PENGAJUAN SERTIFIKASI HALAL KE LPPOM MUI KEPADA UKM DI KOTA METRO

Karnila Ali  Tahun 2019

Produk halal saat ini sudah menjadi bahan diskusi pada tingkatan global, karena dianggap sebagai benchmark alternatif untuk jaminan keamanan, kebersihan dan mutu.  Produk yang diproduksi dalam lini dengan persyaratan halal dapat diterima tidak hanya oleh konsumen Muslim, melainkan juga konsumen non-Muslim. Bagi Muslim, makanan atau minuman yang halal berarti telah memenuhi ketentuan dalam syariat Islam, sedangkan bagi non-Muslim, produk halal merepresentasikan simbol kebersihan, kualitas dan keamanan, karena diproduksi dibawah Sistem Manajemen Mutu Halal yang Holistik.

Namun saat ini masih banyak UKM yang belum mengetahui tata cara pengajuan Sertifikasi Halal Ke LPPOM MUI. Kegiatan sosialisasi ini kami laksanakan di Kantor Kecamatan Metro Timur dengan mengundang para pelaku usaha UKM terdekat. Antusiasme mereka sangat besar karena Pemerintah mewajibkan semua pelaku usaha UKM untuk memiliki Sertifikasi Halal sejak 17 Oktober 2019. Dalam kegiatan sosialisasi ini kami memberikan materi mengenai arti penting pelaku usaha UKM untuk memiliki surat izin usahan dan memberikan pemahaman yang pasti mengenai prosedur pengajuan Sertifikasi Halal. Selain itu, kami memberikan pengetahuan tentang pembuatan Sistem Jaminan Halal (SJH) yang diperlukan saat pengajuan Sertifikasi Halal.Luaran dari kegiatan sosialisasi ini akan kami ringkas dalam sebuah poster luaran kegiatan, dipublikasikan pada jurnal ber-ISSN, serta publikasi di media cetak.

Kata Kunci : Usaha Mikro dan Kecil (UMK), Sistem Jaminan Halal (SJH), Sertifikasi Halal

 

TEKNIK PENGAJUAN PENDANAAN MELALUI PERBANKAN SEBAGAI TAMBAHAN MODAL UMKM KELOMPOK TANI WANITA DI LAMPUNG TIMUR

Karnila Ali  Tahun 2017

Permasalahan pada pengabdian ini adalah tentang bagaimana cara melakukan pengajuan pendanaan usaha melalui perbankansebagai tambahan modal dengan baik dari anggota UMKM Kelompok Tani Wanita yang masih pemula dalam mengembangkan usaha. Kurangnya pengetahuan dalam melakukan pengajuan pendanaan secara langsung dalam mengembangkan ide-ide kreatif untuk usaha dari kegemaran dan hobi yang mereka miliki di dalam bidang kuliner.

Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini berupa penyelenggaraan pelatihan kewirausahaan yang disampaikan dengan metode ceramah dan diskusi. Dengan tujuan memotivasi anggota komunitas UMKM Kelompok Tani Wanita Lampung Timur agar dapat melakukan pemanfaatan teknik pengajuan pendanaan  untuk ekspansi usaha.

Berdasarkan solusi diatas maka target luaran yang diharapkan yaitu, peserta mampu memanfaatkan teknik pengajuan pendanaan sebagai tambahan modal melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)dan Kredit UMKM serta mampu menumbuhkan kreatifitas dalam mengembangkan usaha. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, dan diskusi.

Hasil luaran yang dicapai adalah dilaksanakannya pelatihan kewirausahaan pada Kelompok Tani Wanita Lampung Timur. Dengan rangkaian acara yang dimulai dengan registrasi peserta, pembukaan, penyampaian materi teknik pengajuaan pendanaan melalui perbankan, materi pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit UMKM, serta diskusi. Dari semua rangkaian acara tersebut antusias peserta menghasilkan sesuatu yang positif, tergerak untuk melakukan kegiatan pengembangan usaha melalui perbankan dengan pembiayaan kredit khususnya Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang saat ini sedang trending.

Kata Kunci: Kelompok Tani Wanita, Kredit UMKM, Pendanaan Perbankan

SK DOSEN PEMBIMBING RELAWAN PAJAK TAHUN 2020

SK PENGURUS DPW ATPETSI LAMPUNG

TAX CENTER UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Karnila Ali  2020

“Peran Peran Relawan Pajak Dalam Upaya Membangun Kesadaran Pajak pada Era Reformasi Perpajakan,  kegiatan ini merupakan kerja sama Universitas Muhammadiyah Metro dan Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Bengkulu dan Lampung.

Relawan Pajak merupakan program Ditjen Pajak dalam menanamkan kesadaran Lapor SPT Tahunan melalui pendidikan. Program ini diharapkan dapat membentuk karakter generasi bangsa di masa yang akan datang agar lebih sadar terhadap pajak dan manfaatnya.